2 Hektar Budidaya Kapulaga

 Oke sobat petani, pada kesempatan kali ini saya mau membagikan sebuah ulasan tentang perkebunan Kapulaga seluas 2 hektar yang di kelola bapak saya di kampung tepatnya di daerah Kebumen Jawa tengah. Dan saya juga sesekali membatunya walaupun tidak bisa konsisten karena harus bekerja di luar kota.

www.dwisangpetani.com

Bapak saya nanam kapulaga di area seluas 2 hektar dan sudah berjalan 2 tahun, pada tahun pertama beliau masih belum ada pemasukan yang di karenakan kapulaganya belum konsisten berbuah, ya namanya juga baru 1 tahun, pengeluaran dan pengeluaran yang di butuhkan utuk membeli pupuk dan utuk perawatan lain sebagainya.

Tapi selepas sudah 2 tahun beliau baru bisa mulai menuai hasilnya, yaitu karena si tanaman kapulaga sudah mulai berbuah rutin dan sudah banyak menumbuhkan tunasan baru yang bisa juga menghasilkan buah.

Di usia 2 tahun 2 hektar kapulaga bisa menghasilkan 20 kg itu saja karena buahnya belum rimbun alias masih sekadarnya buah. Mungkin nanti seiring bulan atau tahun akan terus bertambah.

Bagi yang mau melihat kebun bapak saya bisa lihat di vidio saya berikut ini,..tonton ya sampai kelar..


Keutamaan berkebun kapulaga yaitu"

1. Tidak perlu perawatan rutin tiap hari kecuali musim kemaru yang panjang, karena harus menyiram 1hari 2x

2. Enaknya kalo sudah berbuah, kapulaga nggak mengikuti musiman, jadi berbuah terus

3.dalam usia buah 2- 3 bulan bisa di panen.

4. Setiap 1 minggu sekali bisa memetikin buah yang sudah tua, lalu di keringkan, dan bisa di simpan. Ataupun di jual langsung.


Demikan sedikit info tentang kapulaga bapak saya yang semoga sedikit bisa bermanfaat utuk teman teman petani. Akhir kalam asalamungalaikum.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam Macam Jenis Tanaman Hias Adenium

Budidaya ketela di lahan sempit

Mengenal Jenis Tomat Berdasarkan Karakter Tanamannya