Cara Menyemai Biji Tomat yang Baik dan Benar

Setelah kemarin saya menjelaskan tentang cara penyiapan bibit biji tomat yang berkualitas, dan pada kesempatan kali ini saya bermaksud menulis artikel kelanjutanya' yang menerangkan langkah setelah proses penyiapan bibit selesai.

Kalo masih bingung memilih jenis tomatnya sobat bisa baca artikel saya yang sebelumnya, yaitu tentang mengenal jenis tomat berdasarkan karakter tanamanya. Barang kali ada sobat yang baru membaca artikel ini sehingga masih bingung silahkan baca artikel saya sebelumnya yang saya cantumkan di atas.

Baiklah saya anggap sobat sudah paham dan sudah punya bibit biji tomat yang siap utuk di budidayakan. Kita lanjut langsung ke proses berikutnya yaitu,

Cara Menyemai Biji Tomat yang Baik dan Benar



Utuk mendapatkan hasil yang terbaik sebaiknya menanam tomat harus dilakukan pada waktu yang tepat setiap tahunya.
Karena tanaman ini tergolong jenis tanaman yang sangat membutuhkan sinar matahari, tentunya pada cuaca panas yaitu musim kemarau, tepatnya 2 minggu pada akhir musim penghujan.

Utuk di negara yang memiliki 4 musim sebaiknya pada 2 minggu akhir musim dingin atau beku, yaitu kisaran suhu tidak kurang dari 10 pada malam hari dan 32°c pada siang hari.

Utuk memulai budidaya tomat langkah pertama yaitu menyemai biji terlebih dahulu, mulailah penyemaian kira kira 6-8 minggu sebelum sobat merencanakan menanam ke polybag atau pot.
Apabila sobat masih kurang yakin dengan suhu yang ada pada polybag atau pot, sobat bisa beli termometer tanah. Tanah yang ideal suhu 32°c tapi tetap harus mempertimbangkan sesuai dengan cuaca yang baik dalam arti musim kemarau.

Baiklah akan saya mulai penyemaian bibit biji tomatnya.

Penyemaian bibit biji tomat

dwisangpetani.com
Proses berkecambah
Biji tomat


Dalam proses penyemaian biji tomat saya tidak langsung menyebar benih biji tomat tersebut, tapi saya memakai tekhnik pengeraman terlebih dahulu, akan saya jelaskan prosedurnya di bawah ini.

  • Ambil biji tomat yang berkualitas, kemudian rendam pada air hangat suam suam kuku selama 3 jam.
  • Setelah 3 jam angkat kemudian letakan pada tisu basah atau lap kain yang basah.
  • Selanjutnya bungkus dengan plastik sampai benar benar rapat. Kemudian simpan di tempat yang hampa sinar matahari selama 3-4 hari.
  • Setelah 2 hari di bukak dan di cek apakah biji sudah berkecabah atau belum, kadang kala biji tomat lebih cepat berkecambah di luar perkiraan.
  • Apabila sudah berkecabah berarti sudah siap utuk di tanam.

Kenapa saya memakai cara di atas..?

Karena cara di atas lebih aman dari gangguan binatang pemangsa biji seperti semut atau sejenisnya.

Kita lanjutkan ke tahap berikutnya,

Menanam kecambah biji tomat

dwisangpetani.com
Hasil penanaman
Kecambah bibit tomat


Proses penanaman kecambah biji tomat di lakukan dengan menggunakan nampan atau ember, bisa juga menggunakan papan sekat yang terbuat dari plastik atau juga dengan pembukus telor.
Caranya sebagai berikut,


  • Ambil nampan atau baki semai, kemudian isi dengan media tanam yang seteril dari hama, sobat bisa menggunakan tanah olahan antara tanah humus, sekam, dan kompos, perbandingan 2-1-1.
  • Setelah media siap, sekarang sudah waktunya menannam biji tomat yang sudah berkecambah. Caranya cukup membuat lubang pada masing media, dengan jari telunuk sedalam 1cm kemudian masukan bibit masing masing lubang 2 biji. Selanjutnya urug kembali lubang dengan menaburi pupuk kandang yang sudah di haluskan dan beri siraman air dengan semprotan embun.
  • Letakan media di tempat yang terkena sinar matahari tetapi tidak langsung, misal di teras atau di dekat jendela.
  • Setelah umur tanaman 1 minggu, bibit tanaman sudah tinggi kira kira 30- 50 mm. Perkenalkan dengan sinar matahari dengan cara di taruh di tempat yang terkena sinar matahari pada waktu pagi sampai jam 11 siang saja kemudian di teduhkan kembali, lakukan terus sampai umur tanaman 2 minggu dari semai.
  • Saat itu juga bibit sudah tumbuh daun 2 helai atau bahkan lebih, saatnya di pindah ke polybag berukuran diameter 5cm.

Lebih jelasnya lagi tonton vidionya" di bawah ini...👇



Saya rasa terlalu panjang penjelasan tentang semai bibit tomat tersebut, mudah mudahan sobat bisa memahami dengan lebih jelas, utuk penyemaian saya akhiri sekian dulu ya sobat, akan saya susul kembali dengan artikel berikutnya yaitu "Cara Budidaya Tomat dalam Pot atau Polybag"

Saya rasa sekian dulu artikel tentang "Cara Menyemai biji Tomat yang Baik dan Benar" dari saya semoga bisa bermanfaat, nantikan artikel susulanya ya sob...terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam Macam Jenis Tanaman Hias Adenium

Budidaya ketela di lahan sempit

Mengenal Jenis Tomat Berdasarkan Karakter Tanamannya